Oleh Nurma Febri Rakhmawati
Biodata Artikel yang direviw
Judul : Game innovation: a case study using the Kizzugemu visual novel game with Tyranobuilder software in elementary school
Penulis: Hamidulloh Ibda, Nur Rira Febriani, Muhammad Fadloli Al Hakim, Silviana Nur Faizah, Andrian Gandi Wijanarko, Nanang Qosim
Terbitan: Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science (IJEECS) Vol 28, No 1 2022
URL: https://ijeecs.iaescore.com/index.php/IJEECS/article/view/29026
DESKRIPSI
Artikel ini membahas tentang inovasi permainan visual novel Kizzugemu dengan software TyranoBuilder dalam pembelajaran bahasa Jawa di SD. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kualitatif, dengan teknik data mining; observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang memaparkan hasil deskripsi inovasi, fitur, penerapan, dan dampak penggunaan game dalam pembelajaran bahasa Jawa SD. Di dalam artikel ini Penelitian ditujukan kepada guru kelas dan 24 siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Bulurejo Magelang. Hasil didalam artikel ini adalah menunjukkan inovasi permainan dalam pembaruan permainan berbasis video, aplikasi, suara, multimedia dan teks dengan makna permainan anak-anak dalam bahasa Jawa, Aksara Jawa, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Fitur didalam permainan ini berupa teks bacaan pada setiap adegan dan divisualisasikan dalam materi bahasa jawa. Pelaksanaan permainan dilakukan dengan lima tahap yang berdampak pada kesadaran guru, peningkatan hasil belajar, inovasi media pembelajaran, pemahaman bahasa Jawa, keaktifan dan dukungan orang tua dan sekolah.
INTERPRETASI
Di dalam artikel ini menyebutkan dari beberapa penelitian lain mengenai inovasi permainan visual novel melalui software TyranoBuilder diterapkan sebagai media permainan di sekolah. TyranoBuilder menampilkan skrip TryranoScript Strikeworks, skrip visual multiplatform baru untuk mengembangkan game visual novel dalam pendidikan. Maka peneliti diartikel ini mengulas tentang inovasi permainan dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah dengan melalui software TyranoBuilder.Penulis ini juga sudah mengulas tentang pendapat tokohyang lain mengenai inovasi permainan visual novel.
EVALUASI
Saya sependapat dengan artikel ini. Untuk melakukan inovasi permainan visual novel Kizzegemu dalam pembelajaran bahasa Jawa, karena pengenalan budaya Jawa, cerita wayang, tembang macapat, Aksara Jawa, etika Jawa, dan kearifan lokal melalui media permainan visual novel jarang diterapkan di sekolah dasar. Hal ini dapat meningkatkan keaktifan, hasil belajar dan pemahaman pada pembelajaran bahasa Jawa.
REKOMENDASI
Saya menyarankan permainan visual novel dengan software Tyranobuildersaat ini untuk ditindaklanjuti dan dikembangkan dan perlu dieksplorasi dengan inovasi permainan visual novel melalui perangkat lunak yang terbaru agar dapat diterapkan pada berbagai mata pelajaran di sekolah dasar.
-Penulis adalah mahasiswa Prodi PGMI Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung